Memiliki website sama seperti punya rumah, yang tentunya ada design, konstruksi, keamanan atau kebersihan rumahnya. Di artikel singkat kali ini akan kami bahas 2 kategori maintenance yang umum digunakan oleh para memilik website yang menggunakan jasa perancangan website.

1. TECHNICAL MAINTENANCE 

Technical maintenance bersifat teknis, seperti terjadinya error pada website, tidak berfungsinya tombol-tombol pada website, atau website yang lemot dan membutuhkan pembersihan dari sampah-sampah internet sisa browsing atau penuhnya bandwith karena ramai pengunjung website.

Banyak jasa website menyediakan service untuk teknikal maintenance tersebut, biasanya ini Free dengan syarat dan ketentuan yang berlaku di masing-masing jasa website. Jadi jangan khawatir jika sewaktu-waktu website anda di dapati terjadi error atau malfunction pada sistim-sistim tertentu. Konsultasikan pada jasa website anda.

2. CONTENT MAINTENANCE

Untuk maintenance ini bersifat pada isi ( konten ) website anda seperti, foto-foto, materi berita, daftar harga, dan hal-hal mengenai informasi pada halaman website anda. Konten Maintenance bisa anda lakukan sendiri jika jasa website anda memberikan tutorial cara upload atau cara edit pada website anda.

Beberapa jasa website di indonesia juga menyediakan jasa perawatan konten untuk website anda, biasanya ini berbayar, ada berbagai penawaran yang di berikan oleh perusahaan jasa maintenance website, mulai dari update konten sederhana sampai pada paket seperti SEO dan iklan Google, bahkan sampai ke social media konten anda.

PENTINGNYA MAINTENANCE WEBSITE

Pentingkah maintenance / perawatan pada website?, tentu saja ini sangat dibutuhkan terlebih jika website anda sangat aktif digunakan dan di kunjingi oleh visitor setiap harinya. Website yang ter-maintenance dengan baik tentunya akan terindex oleh Google lebih baik dan cepat. Memberikan kepercayaan lebih pada visitor website tentang informasi ter-update.

Beberapa jasa website anda mungkin tidak menyediakan jasa maintenance konten, tapi anda tidak perlu khawatir akan hal itu, ada banyak jasa penyedia maintenance khusus website bahkan social media anda.

Share This