Apakah domain itu harus .com? Pertanyaan ini sering sekali muncul buat yang pertama kali berencana membuat website, karena memang .com adalah domain tertua di dunia World Wide Web (www). Dan seolah jadi sebuah kewajiban untuk website itu harus pakai .com. Lalu ada opini juga kalau tidak .com nanti webnya kurang optimal.

Sebenarnya sangat gak ada kaitannya kok, buat kalian yang mau pakai domain, .net, id, .co.id, info, biz, dan masih banyak lagi, ini sah-sah saja. Karena optimalnya sebuah web pada mesin pencarian Google tidak selalu di tentukan dari domain .com.

Tips untuk menentukan domain, konsultasikan dengan pihak pembuat website anda, biasanya anda akan di bantu untuk pemilihan dengan opsi terbaik. Berikut sedikit informasi tentang nama-nama domain, jenis serta penempatannya.

.gov

Digunakan Untuk Untuk Pemerintahan

.edu

Digunakan Untuk Institusi pendidikan

.org

Digunakan Untuk Organisasi / Kegiatan Nonprofit

.mil

Digunakan Untuk Militer

.com

Digunakan Untuk Organisasi Profit / Komersial

.net

Digunakan Untuk Organisasi Network

.name

Digunakan untuk personal / keluarga

.tv

Digunakan Untuk Pertelevisian

.info

Digunakan Untuk kepentingan Informasi

.biz

Digunakan Untuk Kepentingan Bisnis

.travel

Digunakan Untuk Pariwisata

Masih banyak lagi jenis-jenis domain yang tidak di sebutkan disini. So, jika kalian ingin buat web lalu kehabisan nama .com, bisa coba pakai .net, .info atau masih banyak lagi. Atau anda juga bisa domain Indonesia seperti, (.id, .web.id, .co.id ). Sebagai catatan, optimalnya sebuah website bisa menggunakan sistem SEO, atau Iklan Google ( Google Adwords ).

Semoga bermanfaat yah 😉