Buat kalian yang mau bikin website, dan saat ketemu dengan jasa website, pasti akan sering ketemu kata-kata ini “Bandwitdh”, dan biasanya bersandingan dengan kata “Hosting”, di mini artikel kali ini akan kami bahas sekilas tentang “BANDWIDTH”.

Sebuah Pintu Masuk

Apa sih Bandwidth dan kegunaannya ?, sebelum masuk ke bahasa teknis, kami berikan gambaran sederhana mengenai bandwidth. Bandwidth kami ilustrasikan seperti sebuah pintu, ada pintu dengan ukuran kecil, sedang dan besar, contohnya pintu rumah. 1 Pintu rumah hanya bisa di masuki 1 atau 2 orang secara bersamaan, Bandwidth seperti itu, semakin besar pintu, maka akan mudah orang masuk secara bersamaan.

Kalian tentu bisa bayangkan pintu masuk Mall, atau pintu gerbang sebuah pameran? Ya tentu besar sekali, dan bisa dimasuki secara bersamaan oleh 3-4 orang atau bahkan 10 orang sekaligus.

Seperti itulah ilustrasi Bandwidth dalam sebuah website, semakin besar anda mendapati jasa website menawarkan bandwidth dengan kapasitas besar, maka semakin mudah website anda di akses. Jika Pintu / Bandwidth kecil, maka akan sangat berpotensi website akan mengalami gangguan karena terlalu sempit pintu untuk diakses oleh banyak orang.

Bahasa Teknis

Kami kutip dariΒ pengertianku.netΒ tentang apa itu Bandwidth.

Bandwidth adalah suatu nilai konsumsi transfer data yang dihitung dalam bit/detik atau yang biasanya di sebut dengan bit per second (bps), antara server dan client dalam waktu tertentu. Atau definisi bandwidth yaitu luas atau lebar cakupan frekwensi yang dipakai oleh sinyal dalam medium transmisi. Jadi dapat disimpulkan bandwidth yaitu kapasitas maksimum dari suatu jalur komunikasi yang dipakai untuk mentransfer data dalam hitungan detik. Fungsi bandwidth adalah untuk menghitung transaksi data.

Bandwidth komputer dalam jaringan komputer, bandwidth ini sering dipakai sebagai suatu sinonim untuk data transfer rate, ialah jumlah data yang bisa dibawa dari sebuah titik ke titik lain dalam jangka waktu tertentu (biasanya dalam hitungan detik). Bandwitdh pada jaringan komputer ini umumnya diukur dalam bits per second (bps)

Jika kita menggunakan koneksi LAN (Local Area Network) 100 mbps, berarti idealnya dapat melakukan transaksi data maksimalnya sebesar 100 mega bit per second (mbps). Lalu jika suatu modem yang dapat bekerja pada 57,600 bps memiliki Bandwidth 2 kali lebih besar dari pada modem yang bekerja pada 28,800 bps, jika koneksi komputer ke jaringan komputer memiliki Bandwidth yang besar atau tinggi dapat memungkinkan pengiriman data yang besar juga misalnya seperti pengiriman gambar dalam video presentation atau bahkan dapat mengirim video.

Dalam bahasa teknis memang sedikit rumit untuk di mengerti, terutama untuk kalian yang benar-benar awam tentang bahasa-bahasa program komputer dan sejenisnya. Anyway penggunaannya hampir mirip baik itu yang digunakan untuk telekomunikasi selular, ataupun internet dan server dari sebuah website.

Semoga Bermanfaat, πŸ˜‰

Share This