Hello,

BilmoNews kali ini akan membahas secara singkat tentang kenapa sih website kita terjadi kendala, seperti lemot, error atau tidak bisa di buka?, atau saat web terbuka ada note berupa kode seperti 404, 505, MAINTENANCE dan sejenisnya.

Kenapa Website Lemot

Ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan, supaya kalian gak panik saat lemot terjadi. Yang harus kalian lakukan untuk hal ini adalah sebagai berikut :

  1. Internet Connection
    Pastikan dulu koneksi internet kamu berjalan dengan normal yah guys, apakah provider penyedia internet kamu ada gangguan, atau jangan-jangan kamu lupa isi quota guys. So, jangan panik dulu karena itu tindakan pertama yang harus kalian periksa. Tips : untuk cek koneksi kamu berjalan lancar kamu bisa cek dengan Ping pada server Google atau IP kamu sendiri.

  2. Update & Bugs 
    Kalo kamu bikin website sendiri hal kedua yang kamu lakukan adalah cek pada template kamu, atau CMS builder kamu. Misalnya kamu biasa gunakan WordPress atau Blogspot, langsung saja cek pada informasi update atau mungkin ada informasi penting mengenai update pada versi terbaru.
  3. SSL Certificate Renewal
    Yang ini sering banget terjadi lho, apalagi buat kamu yang biasa pakai browser Chrome. Banyak penyedia jasa website tidak melakukan perpanjangan pada Sistem Keamanan seperti SSL ( Secure Socket Layer ). Nah Google Chrome paling ketat untuk urusan website yang SSL nya sudah Expired. Biasanya kalo kalian buka website di Chrome lalu muncul simbol silang merah dan keterangan di tengah halaman Back To Safe … artinya website kamu SSL-nya sudah Expired.Kamu bisa minta bantuan pada jasa penyedia hosting kamu atau server kamu, untuk segera melakukan Renewal pada SSL domain kamu. Jika kamu menggunakan jasa website, hubungi jasa pembuat website kamu. Aktifasi SSL biasanya membutuhkan waktu selambat-lambatnya 1x24jam.
  4. Server Down
    Buka website muter terus loadingnya?, jangan panik yah, kalau kamu bikin website di jasa website, segera hubungi contact support jasa website kamu, karena kendala pada server kamu yang biasa disebut downtime ini bisa saja terjadi. Solusinya cuma satu saja, hubungi layanan server kamu. Tips, buat kamu yang biasa bikin website sendiri dan menggunakan jasa server lokal ( Indonesia ) cari penyedia server dengan layanan yang sudah terbukti fast response, lihat testimony dan portfolionya untuk kamu bisa lakukan kroscek langsung.
  5.  Clear Cache
    Penting juga buat kamu cek sampah internet kamu lho guys, baik itu di dalam Web Builder, Cpanel atau di browser yang biasa kamu seperti Google Chrome, Mozila Firefox, Opera, dan masih banyak lagi. Cara Clear Cache pada browser atau pada web builder nanti kita bahas di postingan berikutnya yah.

Well, sebenernya masih banyak lagi info seputar website lemot, tapi karena ini mini article, jadinya gak mini yah kalo infonya dikupas tuntas, hehehe. Semoga info singkat ini bermanfaat yah ^_^.