Dunia berubah dan berkembang begitu cepat, apa yang dulu terlihat di film fiksi mulai dari zaman Google Five, Ultramen, Kamen Rider, Voltron, Patlabor, hingga film Hollywood seperti Terminator atau Star Trek yang mendeskripsikan sebuah vision tentang kecanggihan teknologi di masa depan. Sekarang, lambat laun mulai terwujud.!

Dulu waktu saya kecil sering main jadi Google Red dengan jam tangan dari kertas dibalut imajinasi yang bisa saling terhubung, bicara, kirim pesan, atau nginfoin lokasi musuh, Hmnmn, sekarang kalian semua pasti tahu bahwa jam tangan canggih para ranger itu sudah terwujud di masa sekarang, apa lagi kalau bukan Smart Watch.

Sebelum smartwatch, sekitar tahun 1998 saya tertarik sekali dengan game yang sempat jadi kekinian di jaman itu yaitu Tamagochi. Benda yang biasa saya gantungkan di belt sekolah saya, atau saku seragam saya ini seperti membangunkan imajinasi saya tentang peliharaan dimasa depan itu hologram yang bisa nongol. Dan Wow, itu juga sudah mulai terwujud di jaman ini.

Hidup dan berkembangnya Teknologi gak bisa kita cegah kecuali kita memilih untuk mengasingkan diri dari teknolgi, seperti bola salju yang membesar. Teknologi telah menemukan eranya, di saat teknologi telah menemukan masa kejayaannya kita hanya akan di hadapkan pada dua pilihan saja. Beradaptasi atau Kembali ke Natural tanpa teknologi apapun.

Sekitar 5-7 bulan yang lalu saya ke stasiun kereta komuter Jabodetabek ada mesin minuman swalayan dengan memasukkan uang kertas dan klik tombol, lalu keluar minuman yang kita inginkan. Kemarin, di stasiun tersebut ada mesin dengan konsep digital dengan layanan touch screen dan pembayaran scan barcode yang terhubung dengan layanan aplikasi rekber (Rekening Bersama) yang saat ini mulai menjamur saat ini.

Teknologi akan menggantikan manusia dengan sistim, dengan robotic, atau mungkin 20 tahun dari sekarang, kalian akan menjumpai seorang pelayan toko roti yang sudah di desain khusus menjadi robot pelayan. Hal ini tentunya akan memangkas biaya produksi karyawan yang tinggi. Sementara robot, mungkin hanya butuh charge pada baterai atau ganti spare part. Hehehe,..

Lagi-lagi imajinasi saya menjadi liar tiap melihat sesuatu yang berhubungan dengan teknologi dan inovasi atau penemuan-penemuan yang unik. Well, semoga teknologi yang menggelinding terus dan berevolusi ini semakin menajdi baik, teknologi yang mampu berkolaborasi dengan bumi, dengan alam semesta, sehingga kita sendiri tidak menjadi malapetaka dari teknologi.

Selamat datang di Era Digital, lakukan adaptasi secepat mungkin, tidak ada kata terlambat, Android masih renyah dan lezat seperti versinya OREO, kita bisa mulai belajar sedikit, pahami fitur-fitur pada gadget yang kita punya. Karena di masa keemasan Era Digital kecepatan dan ketepatan adalah kuncinya untuk tetap survice.

Jika Dinosaurus punah pada masa 4 juta tahun yang lalu yang konon katanya bumi saat ini di jatuhi meteor dengan daya ledakan 10x lipat Bom Atom Hiroshima, maka manusia nanti pun bisa punah oleh terjangan Teknologi yang mereka ciptakan sendiri.

Wallahu a’lam bishawab.