Pernah gak sih kalian mendengar istilah ecobricks? Buat yang belum pernah, pasti sekarang kalian bertanya-tanya, apa sih ecobrick itu? Terus apa kaitan ecobricks dengan zero waste? Istilah ecobricks ini berasal dari dua kata, “eco” dan “brick” yang bisa diartikan sebagai bata ramah lingkungan. Ecobricks merupakan bentuk teknologi kolaborasi yang bisa dijadikan sebagai salah satu solusi untuk pengolahan sampah plastik, demi tercapainya zero waste. Eits… tapi sudah tahu belum zero waste itu apa?

Zero waste sendiri adalah sebuah gerakan yang bertujuan agar tercipta siklus hidup sumber daya, sehingga berbagai bentuk produk bisa kita gunakan kembali. Di zaman serba modern ini, ada semakin banyak produk sekali pakai yang terus kita gunakan sehari-hari dan tanpa sadar kita telah berkontribusi dalam penumpukan sampah bumi, salah satunya sampah plastik.

Plastik itu ibarat teman hidup buat kita. Hampir semua produk yang kita beli dan kita gunakan, bahkan yang kita makan dan minum, dikemas dengan plastik. Tidak dipakai, tidak mungkin. Ditinggal sepenuhnya juga mustahil. Yap, kita memang tidak bisa 100% melepaskan diri dari penggunaan plastik, tapi kita bisa berusaha mengelolanya dengan lebih baik loh, guys. Nah, inovasi ecobricks ini hadir untuk mencoba menjawab permasalahan sampah plastik yang terus menumpuk itu.

Jadi, ecobricks itu kayak gimana sih? Dalam penerapannya, ecobricks berusaha mengolah sampah plastik atau sampah anorganik lainnya menjadi produk baru, dengan cara memasukkannya ke dalam sebuah botol plastik sampai penuh dan padat. Produk ecobricks ini bisa dimanfaatkan untuk membuat meja, kursi, tembok, atau furnitur lainnya yang bahkan bernilai jual, lho! Lalu apakah ecobricks berhasil? Yap! Ecobricks terbukti telah berhasil mengurangi jumlah sampai plastik di Kanada, negara tempat tinggal Russel Maier, sang pencipta ecobricks ini, guys.

Kalau ecobricks juga dierapkan secara masif di Indonesia, mungkin bisa juga membuat sampah plastik di jalanan dan di kali-kali berkurang jumlahnya. Dan kalau diterapkan beriringan dengan usaha zero waste lainnya, pasti kita bisa meciptakan perubahan yang lebih baik buat lingkungan.

Banyak orang yang mengganggap zero waste adalah sesuatu yang mustahil. Tapi, lebih baik mencoba kan daripada tidak sama sekali?

By : Mawar Hijati | BILMODESIGN.COM

instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share