Selama beberapa bulan terakhir, pandemi COVID-19 telah memberikan dampak negatif terhadap berbagai sektor perekonomian. Nah di tengah krisis ini, sebagian laju bisnis beralih ke dunia online. Apakah bisnis kamu adalah salah satunya? Kalau iya, maka yang perlu kamu lakukan adalah menyusun strategi digital marketing yang tepat, guys!

Sebelumnya, kita harus lebih dulu paham bahwa media digital hanyalah “alat”. Mem-posting produk barang atau jasa secara online tidak serta-merta akan menaikkan penjualan. Dalam hal ini, kita tetap butuh strategi yang sesuai dan efektif untuk menaikkan penjualan.

Selain itu, seperti yang kita tahu, ada semakin banyak orang yang beralih ke bisnis online. Ada semakin banyak pesaing. Itu artinya, strategi yang disusun harus lebih baik dari sebelumnya untuk menunjang aspek promosi, brand awareness, kecepatan proses, dan tentunya kualitas.

Nah, dalam menyusun strategi digital marketing di tengah pandemi, ada beberapa poin yang perlu dipahami, di antaranya:

Brand Awareness

Jika pesaing semakin banyak, tentu kita harus punya sesuatu yang berbeda, kan? Perlu ada aspek kita yang ditonjolkan ke publik, salah satunya bisa dilakukan melalui brand awareness.

Kondisi akibat pandemi ini juga merupakan waktu yang tepat untuk meningkatkan brandawareness dari bisnis kamu. Mengapa? Karena sebagian banyak orang telah melakukan physicial distancing dengan berdiam diri di rumah. Hal ini tentu meningkatkan fruekensi mereka mengecek ponsel, mengakses media sosial, dan mencari informasi secara online.

Brand awareness bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya membuat website marketing yang berisi profil, promosi, pemasaran, dan segala hal yang berkaitan dengan bisnis kamu. Kalau sudah punya website, kamu bisa mulai mengiklankannya di berbagai platform. Dengan cara ini, selain bisa promosi, branding bisnismu juga bisa lebih baik.

Bundling Pricing

Bundling pricing adalah strategi menjual produk dalam satu paket dengan harga tertentu yang lebih murah. Pada saat pandemi seperti ini, orang-orang banyak tertarik pada penawaran paket dengan kuantitas produk yang lebih banyak, tapi dengan harga yang lebih ekonomis. Jika kamu tetap ingin menaikkan penjualan pada masa krisis seperti ini, maka bundling pricing adalah salah satu solusinya.

Desain Grafis

Seberapa penting desain grafis untuk digital marketing? Sangat penting, guys!

Aspek desain grafis memegang peran yang sangat penting dalam melakukan promosi. Poin-poin marketing yang sudah disusun, harus dikemas dengan tatanan desain grafis yang menarik agar bisa mencuri perhatian lebih banyak orang. Bayangkan, jika promosi suatu produk hanya dibuat dengan latar putih polos dan teks berwarna hitam. Apakah bisa menarik perhatian customer baru? Tentu kemungkinannya sangat kecil.

Evaluasi

Selain poin di atas, hal yang tentu tidak boleh kamu lewatkan adalah evaluasi. Perubahan strategi tentu akan berpengaruh pada hasil. Karena itu, evaluasi tetap harus dilakukan, guys. Mulai dari apa keunggulan dan kekurangan bisnismu? Bagaimana perbandingannya dengan competitor? Evaluasi bertujuan untuk memperbaiki segala kekurangan pada strategi yang telah diterapkan. Sekali lagi, menjalankan bisnis online sangat membutuhkan digital marketing yang tepat dan efektif. Jika kamu masih merasa kebingungan, maka Bilmo Design dengan one-stop service siap membantu kamu dalam strategi digital marketing.

instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share