Pada dasarnya, ada dua cara untuk membuat bisnis online kita berkembang, yaitu secara organik dan menggunakan iklan berbayar. Nah, apa perbedaannya? Keduanya tentu punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Saat menggunakan cara organik, berarti kita bertumpu pada kualitas konten yang dapat menarik perhatian.

Namun, perlu dicatat bahwa kita akan membutuhkan waktu yang cukup lama jika hanya mengandalkan cara ini. Itulah sebabnya, ada semakin banyak orang yang mulai menggunakan jasa iklan berbayar. Apakah kamu adalah salah satunya?

Seperti yang kita tahu, satu di antara banyaknya strategi digital marketing adalah penggunaan iklan berbayar, seperti Google Ads, Instagram Ads, dan Facebook Ads. Buat kamu yang sudah punya website, mungkin memasang iklan bukan lagi hal asing. Jadi, apa keuntungan memasang iklan?

Meningkatkan Brand Awareness

Semakin luas jangkauan iklan, maka semakin meningkat pula brand awareness dari bisnis yang kita miliki. Meningkatkan brand awareness tentu sangat penting, karena nantinya bisa berpengaruh pada omset penjualan.

Menjangkau Target Pasar yang Tepat

Saat membuat campaign iklan berbayar, kita bisa menentukan sendiri target dari iklan tersebut. Sebagai contoh, jika menggunakan Google Ads, maka Google akan memunculkan iklan sesuai dengan kata kunci yang ditetapkan. Misalnya, salah satu kata kunci yang kamu pilih adalah “rental mobil di Bogor”, maka pengunjung website adalah orang-orang yang menggunakan kata kunci tersebut dan tentunya sesuai dengan target pasar.

Meningkatkan Omset Penjualan

Kalau brand awareness meningkat, target pasar sudah tepat, apa lagi yang akan terjadi? Yap, omset penjualan bisa ikut naik. Meskipun tidak ada jaminan sepenuhnya, tapi penggunaan iklan berbayar tetap memberikan efek yang signifikan ketimbang saat kamu tidak menggunakannya.

Reputasi Website Semakin Baik

SEO atau Search Engine Optimization salah satunya bisa dioptimalkan dengan penargetan kata kunci dalam iklan. Penargetan kata kunci yang tepat dan banyak dicari tentu bisa meningkatkan reputasi website, karena akan di-index oleh Google. Semakin baik reputasi website, maka semakin berkembang pula bisnis online-mu.

Lalu, sampai kapan kita harus menggunakan jasa iklan berbayar?

Nah, coba sekarang kita lihat, apakah brand dari bisnis besar di luar sana masih membuat iklan? Masih, dong! Biar apa? Biar selalu berkembang, dong!

Seperti yang kita tahu, internet adalah sesuatu yang sangat dinamis, selalu bergerak. Begitupun dengan algoritma Google yang bisa berubah-ubah. Rutin memasang iklan tentu akan membuat reputasi website stabil atau bahkan semakin baik. Sekalipun harus memberikan jeda, gunakanlah jeda tersebut untuk mengevaluasi dan menganalisis iklan yang telah dibuat. Jadi, jangan berhenti beriklan, ya!

By : Mawar Hijati | BILMODESIGN.COM

instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share