Kamu pasti sudah tak asing lagi dengan istilah “tak kenal maka tak sayang” kan? Dalam dunia bisnis, istilah ini juga berlaku, loh. Untuk bisa menjadi yang terpilih di mata konsumen, maka kamu harus mengenali mereka terlebih dahulu. Kira-kira, bagaimana cara yang tepat untuk mengenal konsumen?

Kamu bisa melakukannya dengan market research!

Apa sih market research itu?

Dilansir dari Hubspot, market research adalah strategi yang dilakukan untuk mengumpulkan informasi terkait persona pelanggan dan target audiens. Tujuannya tentu biar kamu bisa mengenali konsumen yang kemudian berujung pada konversi.

Dalam market research, salah satu langkah yang harus kamu lakukan adalah mengumpulkan data-data yang akan membentuk buyer persona, yang meliputi: siapa target pasarmu, berapa usianya, apa statusnya, siapa kelompoknya, apa minatnya, dan masih banyak lagi. Setelah data ini lengkap tersusun, nantinya akan membentuk target audience sesuai dengan pasarmu sendiri.

Berikut 5 manfaat market research untuk bisnismu:

  1. Mengetahui siapa yang akan membeli produkmu
  2. Mengenal persona target konsumen
  3. Mengenal siapa kompetitor
  4. Mengetahui faktor apa yang mendorong konversi
  5. Mengetahui tren saat ini di mata konsumen

Loh, memangnya penting, ya?

Tentu penting, guys. Hal ini dimaksudkan agar setiap campaign yang kamu buat bisa sesuai dengan kebutuhan target audience. Dengan mengetahui target audience yang tepat juga akan memudahkan kamu dalam membangun brand identity sesuai target market. Catatan yang perlu diingat adalah, “if you’re marketing to everyone, you’ll market to no one.

Jadi, pastikan kamu mengenali dengan baik siapa konsumenmu ya, Bilmo People!