Buat kamu yang sudah mulai menggunakan website, tentu harus lebih akrab lagi dengan istilah SEO dan SEM. Sebelum lebih jauh membahas perbedaan dari keduanya, mari kita kupas dulu apa yang dimaksud dengan SEO dan SEM itu sendiri.

Search Engine Optimization atau yang lebih dikenal dengan SEO adalah upaya optimasi yang bertujuan untuk mendapatkan trafik tinggi dari hasil pencarian yang dilakukan secara organik.

SEO bisa diterapkan pada konten di blog seperti artikel, dan juga pada setiap kalimat yang ada di dalam konten website itu sendiri. SEO ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu SEO On-page yang berfokus pada faktor-faktor yang ada di dalam konten, dan SEO Off-page yang dilakukan di luar konten atau website.

Sementara Search Engine Marketing atau SEM adalah strategi optimasi berbayar yang bertujuan untuk meningkatkan visibilitas website di hasil pencarian. Salah satu contoh SEM adalah penggunaan Google Adwords.

Kedua strategi ini merupakan strategi yang penting untuk dipelajari, apalagi bagi kamu yang mulai memperluas bisnis ke dunia digital. Kira-kira, apa perbedaan dari SEO dan SEM?

Berikut adalah poin-poin yang membedakan SEO dan SEM:

 

SEM bisa memilih target audience secara spesifik

Dalam melakukan optimasi, baik SEM dan SEO memang berguna untuk mengenali dan menjadi lebih dekat dengan audiens. Namun, saat menggunakan SEM, kita bisa memilih target audience secara lebih spesifik, sedangkan SEO tidak. Target audience tersebut bisa disusun secara spesifik dari usia, lokasi, minat, dan masih banyak lagi.

SEM lebih cepat terlihat hasilnya dibanding SEO

Karena SEM berbayar, tentu saja kita bisa langsung merasakan hasilnya dalam waktu yang singkat. Tapi, bukan berarti instan ya, guys. SEM tetap membutuhkan proses, hanya saja prosesnya tidak selama proses SEO.

SEO baik untuk jangka panjang

Meskipun memakan waktu yang tidak sebentar, bukan berarti SEO tidak dapat mendatangkan hasil yang efektif seperti SEM. Jika dilakukan dengan strategi yang tepat, optimasi menggunakan SEO akan memberikan hasil yang baik bagi perkembangan website untuk jangka waktu yang panjang, salah satunya peringkat di google ranking.

Nah jika melihat definisi dan perbedaan dari SEO dan SEM, sejauh ini, teknik manakah yang lebih sering kamu gunakan, Bilmo People?