Setelah kita membahas perbedaan SEO dan SEM pada artikel sebelumnya, sekarang waktunya kita kupas lebih dalam: manakah strategi yang lebih baik untuk website dan bisnismu? Jika melihat beberapa aspek yang membedakan SEO dan SEM, kamu pasti lebih punya gambaran strategi mana yang lebih cocok untuk kamu terapkan.

Nah untuk memperjelasnya, berikut beberapa pertimbangan tambahan yang dapat membantumu menentukan mana yang lebih baik:

 

Sudahkah kamu mengenal industrimu?

Pertanyaan ini dapat membantu mengetahui harus mengutamakan strategi apa. Jika kamu memang sudah cukup lama berada di industry yang sedang kamu jalani, dan sudah sangat memahami karakter dari audiensmu sendiri, maka memprioritaskan SEO untuk maintenance jangka panjang adalah keputusan yang baik.

Tapi, jika kamu memang termasuk pemula atau belum begitu memahami audiensmu sendiri, kamu bisa memulainya dengan befokus pada SEM sambal melakukan testing, sambal melihat reaksi audiens dan kompetitor juga tentunya.

Nah di sela-sela optimasi SEM, kamu juga sebaiknya mulai menyusun strategi SEO jangka panjang dari hasil evaluasi yang sudah kamu dapatkan.

Ketersediaan biaya

Salah satu perbedaan yang cukup mencolok antara SEO dan SEM adalah SEO gratis, sedangkan SEM berbayar. Nah hal ini tentu harus kamu jadikan pertimbangan lebih lanjut sambil melihat berapa budget yang kamu punya untuk urusan optimasi website ini.

Selain itu, kamu juga harus sudah melakukan riset kira-kira berapakah biaya yang akan diperlukan untuk melakukan optimasi keduanya?

Lihat kompetitor

Segala hal yang dilakukan oleh kompetitor tentu bisa menjadi referensi untuk strategi yang ingin kamu ambil. Dalam hal SEO dan SEM ini, coba lihat kompetitormu di hasil pencarian, apakah mereka lebih berfokus pada optimasi organik atau sebagian besar menggunakan campaign berbayar?

Pertimbangkan umur website

Umur dari werbsite-mu sendiri juga bisa menjadi salah satu pertimbangan penting untuk memutuskan strategi maintenance. Jika kamu memang baru membuat website, maka menerapkan SEO dan SEM secara bersamaan adalah keputusan yang disarankan. Hal ini karena website yang baru masih membutuhkan optimasi lebih untuk dapat terbaca oleh google ranking.

Nah itulah poin tambahan yang bisa kamu pertimbangkan lebih lanjut. Meski terdapat beberapa aspek yang membedakan keduanya, tapi SEO dan SEM sama-sama bertujuan untuk meraih traffic tinggi pada website, yang nantinya akan membawamu menuju konversi. Keduanya adalah strategi yang baik, tapi semua tetap Kembali pada karakter website-mu sendiri, Bilmo People!