Kamu yang sudah lama mencoba digital marketing pasti pernah mendengar istilah live chat. Dan bagi kamu yang belum, maka kamu berada di artikel yang tepat untuk mempelajarinya lebih lanjut.


Sebelumnya, apa itu live chat?

Live chat adalah sebuah fitur yang memungkinkan pengelola website untuk berkomunikasi langsung dengan pengunjung website.

Jika dilihat dari prinsip digital marketing, live chat dipercaya dapat meningkatkan penjualan online dari suatu website. Hal ini tak lain karena sifatnya yang bisa memberikan informasi yang cepat, praktis, langsung dari tim sumbernya kepada calon pelanggan.


Untuk lebih jelasnya, simak 3 manfaat fitur live chat berikut ini:

Pertanyaan calon pelanggan terjawab lebih cepat

Dalam hal ini, tujuan seorang calon pelanggan mengunjungi website adalah untuk mencari informasi tertentu yang ia butuhkan, terkait produk atau jasa yang kamu jual. Jika jawabannya tidak ditemukan dalam artikel FAQ di website-mu, maka fitur live chat adalah penyelamat.

Dengan adanya fitur ini, pengunjung website bisa bertanya langsung sekaligus mendapatkan jawaban saat itu juga. Tentu komunikasi ini sangat diperlukan sebelum jauh membahas penjualan.


Memberikan kenyamanan bagi calon pelanggan

Fitur live chat bisa disebut sebagai satu-satunya fitur yang menjebatani komunikasi langsung antara pengelola website dan pengunjung secara kilat. Tentu ini akan memberikan kemudahan tersendiri bagi pengunjung. Tanpa perlu berpindah aplikasi, pengunjung bisa langsung berkomunikasi dan menanyakan apa pun di website tersebut.


Meningkatkan penjualan

Dengan permasalahan calon pelanggan yang lebih cepat terjawab, tentu itu artinya kenyamanan mereka juga terjamin. Jika sudah begini, bukan tidak mungkin interaksi yang terjadi bisa mengarahkan kita pada penjualan.


Itulah ketiga manfaat yang diberikan dari adanya fitur live chat dalam website. Kalau sudah melihat sederet manfaat di atas, apakah kamu yakin tidak tertarik menggunakan fitur ini?