Costumer pain point adalah salah satu istilah dalam dunia marketing dan sales yang sangat penting untuk dipelajari agar customer tidak berpindah ke brand lain. Demi kelancaran bisnismu, tentu mengikat customer adalah hal yang utama, bukan?

Tapi sebelumnya, mari kita bahas terlebih dahulu: apa itu customer pain point?

Customer pain point adalah masalah tertentu yang dialami oleh calon pelanggan sebelum melakukan transaksi, atau bahkan oleh pelanggan saat sudah membeli jasa dan produkmu. Singkatnya, pain point adalah segala kesulitan yang customer hadapi.

Mengapa kesulitan customer menjadi aspek yang penting untuk dipelajari? Hal ini karena kepuasan customer tentu sangat berdampak besar terhadap penjualan dan perkembangan bisnismu. Dengan mengetahui customer pain point, kamu bisa kembali mengevaluasi aspek-aspek apa saja yang dapat memudahkan customer dalam melakukan transaksi. Karena pada hakikatnya, bisnismu harus berorientasi kepada customer, bukan?

Dalam costumer journey, setidaknya ada beberapa jenis pain point yang perlu kamu ketahui, di antaranya:

Support Pain Point

Support pain point adalah kesulitan yang dialami customer ketika berusaha menyelesaikan suatu proses, seperti proses pembelian. Hal ini bisa terjadi karena adanya kendala teknis yang dialami atau calon customer tidak mendapatkan bantuan yang efektif.

Process Pain Point

Customer process pain point adalah kesulitan yang dihadapi customer akibat proses yang kurang optimal. Proses di sini adalah proses yang dirasakan customer selama menggunakan produk atau jasa yang dijual, meliputi proses pembelian sampai setelah pembelian.

Financial Pain Point

Sesuai namanya, financial pain point adalah kesulitan yang dihadapi customer yang berhubungan dengan uang. Misalnya, tidak adanya transparansi yang baik mengenai harga akhir, adanya penambahan biaya di luar kesepakatan, atau kenaikan harga yang tidak sesuai dengan kebutuhan customer.

Nah, dari ketiga jenis pain point di atas, yang manakah jenis pain point yang sudah berhasil kamu identifikasi dari customer-mu?