Kepuasan customer menjadi salah satu aspek penting yang membuat sebuah bisnis terus maju. Jika customer puas, maka kemungkinan mereka untuk repurchase pun akan lebih besar, bahkan bisa menjadi customer setia. Tentu ini akan berdampak sangat baik terhadap bisnismu, dibanding terus mencari customer baru tanpa mengevaluasi dan memperhatikan kepuasannya.

Namun, perlu dicatat juga, guys. Meski sudah mengusahakan yang terbaik untuk customer, pasti akan selalu ada komplain yang kamu terima, dari hal terkecil apa pun itu. Hal ini tentu karena karakteristik setiap customer berbeda-beda, dan bisa jadi pendekatan yang kita pakai tidak selamanya sesuai seperti yang mereka inginkan.

Lalu, bagaimana bisa mencapai kepuasan customer saat ada komplain? Berikut 4 cara ampuh handling komplain yang bisa kamu pelajari:

Berempati dengan keluhan customer

Empati bisa kamu tunjukkan melalui gestur yang memperlihatkan bahwa kamu peduli pada masalah customer. Lihat, dengar, dan rasakan.

Jangan langsung memotong pembicaraan atau melakukan pembelaan diri sebelum customer benar-benar selesai menyampaikan keluhannya. Ingat, guys, di setiap keluhan, ada informasi yang bisa kita pelajari untuk evaluasi kepuasaan pelanggan.

Sampaikan terima kasih

Usahakanlah untuk selalu berterima kasih karena customer sudah mau menyampaikan masalah dan keluhannya. Hal ini bisa membuat mereka merasa lebih dihargai.

Selain itu, kamu juga bisa menyebutkan kembali apa saja poin yang dikeluhkan, agar customer merasa benar-benar dipahami.

Sampaikan permohonan maaf

Dibanding melakukan pembelaan diri dan membuat customer merasa disudutkan, akan lebih baiknya jika kamu dengan tulus menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyaman yang mereka rasakan. Saat handling komplain, yang utama bukanlah soal siapa yang salah, melainkan bagaimana agar customer bisa menjadi lebih tenang.

Beri kompensasi

Kompensasi bisa menjadi solusi yang cukup ampuh untuk membuat customer merasa lebih puas. Dengan memberikan kompensasi, artinya kita peduli terhadap kepuasan pelanggan dan benar-benar ingin “mengganti rugi” terhadap ketidaknyaman yang mereka rasakan.

Nah dari keempat cara handling komplain di atas, mana saja yang sudah kamu coba dan terbukti ampuh? Jika belum, selamat mencoba keempat cara ini, Bilmo People!