Sudah melakukan banyak promosi tapi penjualan belum meningkat? Bisa jadi, kamu belum menyusun segmentasi pasar yang tepat sasaran, guys.

Nah, apa itu segmentasi pasar?

Segmentasi pasar adalah teknik yang dilakukan perusahaan untuk mengelompokkan audiens sesuai dengan tingkat kebutuhan. Segmentasi pasar ini dilakukan untuk mengetahui target konsumen dengan lebih baik, sehingga dapat membantu menaikkan penjualan secara optimal.

Ada beberapa jenis segmentasi pasar yang biasanya dilalukan, antara lain:

Segmentasi pasar geografis

Segmentasi jenis ini membagi konsumen ke dalam beberapa bagian sesuai dengan wilayah tempat mereka tinggal. Segmentasi geografi bisa memudahkanmu untuk mengetahui ke mana saja kamu bisa memasarkan produk secara efektif.

Segmentasi pasar demografis

Segmentasi ini dilakukan berdasarkan tipe-tipe dan jenis kependudukan terhadap target pasar atau konsumen potensial. Variabel tersebut meliputi uusia, jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan, kelas sosial, agama, dan lain-lain.

Segmentasi pasar perilaku

Segmentasi pasar perilaku adalah segmentasi yang dilakukan berdasarkan pada perilaku target potensial, yang bisa diamati dari gaya hidup mereka sehari hari, nilai-nilai kehidupan yang dianut, dan kepribadian. Segmentasi pasar jenis ini memudahkan kita untuk menyusun buyer persona yang akan dijadikan target pasar.

Nah dari ketiga jenis segmentasi pasar di atas, yang manakah yang sudah kamu lakukan, Bilmo People?