Masih bingung strategi marketing apa yang paling ampuh untuk perkembangan bisnismu? Cobalah tiru strategi marketing perusahaan-perusahaan global ternama. Umumnya, mereka menerapkan strategi marketing customer centric.

Apa itu Strategi Customer Centric?

Dalam pengertiannya, customer centric adalah salah satu strategi marketing yang dirancang berdasarkan kebutuhan dan minat konsumen. Melalui strategi customer centric, artinya kita memprioritaskan sudut pandang konsumen dibanding faktor yang lainnya.

Pertanyaannya, mengapa kita perlu berfokus pada konsumen?

Perkembangan dunia digital saat ini sangat berpengaruh terhadap pasar, termasuk perilaku konsumen. Media digital, baik itu dari media televisi atau pun media sosial, telah mengubah cara konsumen dalam berbelanja, dimulai dari memilih produk dan jasa sampai pada tahap bertransaksi.

Konsumen cenderung lebih cerdas karena lebih mudah untuk melakukan riset terlebih dahulu sebelum membeli. Oleh karena itu, penting untuk kita mengetahui apa sudut pandang konsumen dan apa saja kebutuhan mereka, agar kita bisa selalu menjadi top of mind saat mereka memilih produk.

Manfaat Strategi Customer-Centric

Menurut American Marketing Associationcustomer centric mampu membuat pengusaha menganalisis persepsi konsumen, sehingga bisa lebih mudah membedakan brand, membangun loyalitas, dan mempertahankan konsumen jangka panjang. Hal ini tentu sangat penting untuk perkembangan bisnis, karena sebuah bisnis bisa bertahan jika loyalitas jangka panjang dari konsumen sudah terbangun.

Strategi ini juga memudahkan brand untuk mencapai berbagai segmen pasar yang berbeda, karena bisa lebih mengenal konsumen dari minat, perilaku, dan aspek demografi lainnya. Dengan begini, kita bisa lebih mudah menjawab apa yang konsumen butuhkan.

Nah ternyata, strategi customer-centric memegang peran yang besar dalam keberhasilan suatu bisnis. Jadi, sudahkah kamu menerapkan strategi ini, Bilmo People?