Saat kamu mengembangkan sebuah brand, pasti kamu bertanya-tanya, apa yang bisa membuat brand diingat dan dikenal oleh audiens? Dalam hal ini, penting untuk mempunyai brand identity yang merepresentasikan brand kepada audiens. Visual identitas di sini bisa dibuat melalui desain grafis.

Mengutip dari Wikipedia, desain grafis adalah proses komunikasi menggunakan elemen visual, seperti tipografi, fotografi, serta ilustrasi yang dimaksudkan untuk menciptakan persepsi akan suatu pesan yang disampaikan.

Nah, melihat definisi di atas, lalu apa hubungannya dengan branding? Simak 3 peran desain grafis berikut ini!

Alat komunikasi terbaik

Sebagai sebuah brand, tentu kamu punya produk atau jasa yang ingin kamu kenalkan pada calon konsumen. Coba bayangkan jika tidak ada visual yang bisa ditampilkan? Maka proses pemasaran bisa jadi tidak berjalan dengan optimal. Kita akan kesulitan untuk memasarkan produk dan menyampaikan pesan pada calon konsumen. Di sinilah desain grafis dibutuhkan sebagai alat komunikasi antara brand dan calon konsumen.

Komunikasi yang dilakukan tentu mengacu pada brand guidelines yang sebelumnya sudah dibuat. Dengan begini, konsumen akan lebih mudah mengenal, memahami, dan mengingat brand.

Membuat promosi menjadi lebih menarik

Sebelum lebih jauh bicara soal pembelian oleh konsumen, apa yang perlu diperhatikan sebelumnya? Yup betul, promosi. Jika ingin membuat calon konsumen tertarik untuk membeli, maka visual yang ditampilkan haruslah eye-catching untuk mendapatkan atensi mereka.

Promosi juga bisa dilakukan dalam bentuk iklan yang tak lepas dari strategi branding. Tak hanya menarik konsumen, iklan ini juga bisa berguna untuk mempertahankan branding.

Meningkatkan citra positif dari brand

Sebagai konsumen, apa hal pertama yang mereka lihat dari sebuah brand? Visi misi perusahaan? Tentu bukan. Yang pertama dilihat oleh konsumen adalah visual dari brand. Bagaimana brand merepresentasikan diri melalui visual menjadi aspek yang penting. Dengan desain grafis yang baik, sesuai target dan brand guidelines, secara tidak langsung kita juga sedang menyampaikan pesan kepada audiens bahwa brand kita berkualitas. Hal ini tentu akan berpengaruh baik pada branding jangka panjang.

Banyak yang bilang manusia adalah mahkluk visual. Dengan kata lain, desain grafis bisa menjadi alat untuk menarik hati calon konsumen. Mulai sekarang, jangan sepelekan kekuatan desain grafis ya, Bilmo People!