Pernahkah kamu merasa “takut ketinggalan”? Ingin selalu up to date dengan informasi dan tren terbaru di social media? Merasa harus membeli satu produk karena tak ingin kehabisan stok? Kalau iya, berarti kamu sedang mengalami FOMO!

Apa itu FOMO?

FOMO atau fear of missing out adalah istilah psikologi yang digunakan untuk menggambarkan perasaan gelisah, cemas, atau takut yang dirasakan seseeorang saat ia ketinggalan tren, informasi, atau hal-hal terbaru yang menyenangkan. Fenomena ini sebenarnya dianggap wajar dan biasa. Karena pada dasarnya, sebagian besar manusia memang tidak mau tertinggal di belakang.

Nah, ternyata, FOMO bisa dijadikan trik marketing yang cukup ampuh untuk meningkatkan penjualan, loh!

Hubungan FOMO dengan Marketing

Saat menawarkan produk atau jasa yang kita jual, hal terpenting adalah bagaimana cara untuk memengaruhi calon konsumen agar mereka tertarik untuk membeli. Sebagai manusia, tentu calon konsumen mempunyai sisi psikologis yang bisa kita manfaatkan, salah satunya adalah rasa “takut ketinggalan” ini.

Untuk lebih jelasnya, perhatikan ilustrasi berikut:

Di social media, sedang ramai tren fashion yang dikemas dalam video singkat beberapa detik, salah satunya di Tiktok. Karena ini menjadi tren dan banyak sekali pengguna yang mengikutinya, kamu mulai merasa gelisah dan muncul dorongan untuk melakukan tren serupa. Nah inilah yang dinamakan FOMO.

Dalam marketing, kita mencoba untuk memanfaatkan rasa takut tersebut dan memengaruhi calon konsumen untuk membeli produk kita sekarang juga. Jika tidak, maka mereka akan “tertinggal”. Dengan adanya tren, potongan harga, atau stok terbatas, kita bisa membuat mereka segera membeli produk kita, bahkan ketika mereka tidak begitu membutuhkannya.

FOMO marketing sebenarnya merupakan teknik yang sudah ada sejak lama, tetapi sejak era internet dan social media semakin melekat di kehidupan masyarakat, FOMO semakin mudah untuk diterapkan kapan pun dan di mana pun.

Nah, setelah mengenal FOMO marketing, sudahkah kamu tertarik untuk menerapkannya di strategi pemasaranmu? Terapkan sekarang untuk tingkatkan penjualanmu, Bilmo People!